Rabu, 28 Maret 2012

Ciri-Ciri Makhluk Hidup


Makhluk hidup mempunyai beberapa ciri berikut.

1. Bernapas, yaitu proses mengambil gas oksigen dan mengeluarkan gas karbon dioksida dan uap air. Oksigen diperlukan untuk proses oksidasi zat makanan yang menghasilkan energi untuk menjalankan aktivitas hidup. 
2.  Bergerak, dengan gerak aktif (berpindah tempat) ataupun gerak pasif (tidak berpindah tempat).
3. Peka terhadap rangsang (iritabilita). Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan menanggapi rangsang dengan cara berbeda-beda. Kepekaan terhadap rangsang menunjukkan bahwa di dalam tubuh makhluk hidup terjadi proses pengaturan.
4. Memerlukan makanan untuk mempertahankan hidupnya. Makanan berguna untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak, dan menghasilkan tenaga. Tumbuhan hijau dapat membuat makanannya sendiri (autotrof) melalui fotosintesis.Hewan dan manusia bersifat bersifat heterotrof karena makanannya bergantung pada makhluk hidup lain.
5. Mengeluarkan zat sisa hasil metabolisme tubuh (ekskresi). Misal paru-paru mengekskresikan CO2 dan uap air, kulit mengeluarkan keringat, dan ginjal mengeluarkan urine. Pada tumbuhan alat ekskresinya berupa stomata dan lentisel. Stomata dan lentisel mengeluarkan/mengekskresikan uap air, dan air yang melalui proses transpirasi dan gutasi.
6. Mengalami pertumbuhan dan Perkembangan. Tumbuh yaitu pertambahan massa, volume, atau tinggi suatu organisme yang bersifat irreversible (tidak bisa berubah ke wujud semula). Perkembangan adalah proses menuju kedewasaan. Perkembangan merupakan perubahan atau penyempurnaan struktur dan fungsi organ tubuh yang menyertai proses pertumbuhan.
7. Berkembang biak untuk menghasilkan keturunan. Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbeda-beda, ada yang seksual dan ada yang aseksual.
8. Beradaptasi dengan lingkungan. Adaptasi adalah penyesuaian diri terhadap lingkungan agar tetap bertahan hidup. Macam-macam adaptasi makhluk hidup yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.
9. Mempunyai bahan genetik berupa DNA dan RNA. Bahan genetik ini berperan menyintesis protein dan menentukan sifat-sifat genetik setiap individu.

print this page Print this page

0 komentar:

Posting Komentar